Cara Mengetahui Longitude dan Latitude Di Google Maps


Halo sobat Sinonong, alhamdulillah bisa update lagi nih blog dengan artikel baru.Pokok pembahasan kali ini sesuai dengan judul, cara mengetahui longitude dan latitude di google maps dengan cara yang sangat simpel.

Penjelasan sedikit tentang Longitude dan Latitude, Latitude atau garis lintang adalah adalah garis maya yang melingkari bumi ditarik dari arah barat hingga ke timur atau sebaliknya , sejajar dengan equator (garis khatulistiwa). Garis lintang terus melingkari bumi, dari equator hingga ke bagian kutub utara dan kutub selatan bumi.

Longitude atau garis bujur adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya. Dengan pengetahuan seperti itu berarti derajat antar garis bujur semakin melebar di daerah khatulistiwa dan makin menyempit di daerah kutub. Jika pada Garis Lintang, daerah yang dilalui garis khatulistiwa (equator) dianggap sebagai nol derajat, untuk Garis Bujur, tempat yang dianggap sebagai nol derajat adalah garis dari kutub utara ke kutub selatan yang tepat melintasi kota Greenwich di Inggris.

Seakan-akan seperti kembali ke jaman SMP ya, belajar geografi tentang bumi hihihihihi.Nah langsung aja ke pokok bahasan kita cara mengetahui longitude dan latitude di google maps.Silahkan ketikkan alamat https://maps.google.com/ di browser Agan.

Lalu di kotak pencarian, ketikkan lokasi yang Agan ingin ketahui titik latitude dan longitudenya.Disini saya mencontohkan pencarian SMPN 8 Surabaya, sekolah tempat TS dulu hehehehe.Kalau benar, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini gan.

cara-mengetahui-longitude-dan-latitude-di-google-maps

Setelah ketemu titik lokasinya, klik kanan pada titik lokasi tersebut lalu klik pada pilihan Ada apa disini atau kalau bahasa Inggris What’s Here? Seperti gambar di bawah ini gan.

cara-mengetahui-longitude-dan-latitude-di-google-maps-2
Di atas tampil angka -7.242097,112.746043 angka inilah yang dimaksud latitude dan longitude.Titik koordinat latitude : -7.242097, sedangkan titik koordinat longitude : 112.746043

Bagaimana, sangat simpel bukan cara mengetahui longitude dan latitude di google maps? Bila ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya dengan mengisikan pertanyaan di kolom komentar.Dan semoga artikel ini bisa membantu kesulitan agan-agan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s