Merubah Dollar Menjadi Rupiah di Virtuemart


Penasaran banget nih belajar Virtuemart, salah satu komponen Joomla yang menawarkan eCommerce.Bingung banget pertama belajarnya,kali ini bingung gimana caranya mengganti logo dollar ($) menjadi logo mata uang negara kita tercinta Indonesia (Rp).Setelah menelusuri di google, nggak nemu solusinya.Cari di forum id-jooma, alhamdulillah ketemu.Ini langkah-langkahnya :

  1. Login ke joomla kamu dan klik pada component Virtuemart.
  2. Pilih menu bar Virtuemart Store pada kolom sebelah kiri lalu klik Edit Store.
  3. Di halaman Store Information lihat pada bagian Store dan Currency Display Style, disitulah nantinya kita akan merubahnya.
  4. Pilih Indonesian Rupiah pada dropdown Currency.
  5. Ganti lambang $ pada Currency Symbol dengan ketikkan Rp (dengan spasi)
  6. Pastikan pada Decimal Symbol ditulis dengan tanda , (koma) dan pada Thousand Separator ditulis dengan tanda . (titik)
  7. Terahir klik Save dan refresh kembali website kamu.

Di bawah ini ada gambar :

Jika ada pertanyaan ataupun kesulitan silahkan dituliskan pada kolom komentar.Terima kasih.😆

10 thoughts on “Merubah Dollar Menjadi Rupiah di Virtuemart

  1. Gan..Mo nanyak ne..
    Gua mo buat Format rupiahnya kayak gene Rp. 1.500.000 tanpa ada bilangan decimal dibelakangnya contoh Rp. 1.500.000.00
    Nah tu gmn settingannya Terima Kasih
    Bls ke e-mail gua ya gan..^_^

    • Maaf gan saya juga masih baru belajar Virtuemart
      tapi dari percobaan saya bisa menyimpulkan kita nggak bisa masukin kurs dalam rupiah langsung, tetapi dalam bentuk kurs euro…CMIIW
      maklum masih belajar😀

  2. gan,mw nanya nih?knpa virtuemart yang saya klo edit store nya udh diisi,ga bisa ngasave y?mohon bantuanya gan.thx

    • Maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan agan soalnya saya sendiri hanya sedikit paham soal tentang virtuemart.Coba ditanyakan di forum resmi virtuemart.Terima kasih.

  3. Baca Komentarnya pingin Ngakak abies… Nyang ngupdate tutorial malah bingung.. ibarat berjalan dituntun sama orang buta… tapi salaut ma respek and kejujurannya… salut gan…

    • Sori gan, ane soalnya masih nubie banget nih.Ane kan nulis postingan ini ya karena ane pernah mengalami, kalau belum pernah ngalami sori ane gak bisa jawab😀

Leave a Reply

