Nasib Anak Jalanan Penjual Koran (bagian 2)


Tanggal 1 Agustus 2011 bertepatan dengan hari Senin dan hari pertama puasa, kejadian ini bermula ketika aku pulang dari kerja sekitar pukul 16.45 WIB.Seperti tulisan saya Nasib Anak Jalanan Penjual Koran sebelumnya, di tempat yang sama aku lagi-lagi melihat seorang anak kecil perempuan yang lucu dan menggemaskan.Tapi nasib berkata lain, dia harus mencari nafkah dan membantu orang tuanya berjualan koran.Miris sekali melihat pemandangan seperti itu.

Tak ingin kejadian sebelumnya terulang (baca Nasib Anak Jalanan Penjual Koran ) dan melihat lampu merah masih lama aku menyempatkan ambil uang di dompet.Seperti biasanya, ketika lampu merah “bidadari kecil” itu menawari semua pengendara dengan koran yang dibawanya termasuk aku.Ketika dia mendatangi aku, “mas korannya mas”, sambil tersenyum dia menawarkan koran padaku.”Berapaan dik korannya?” tanyaku dan dia jawab “seribu mas” sambil senuym lagi.Subhanallah senyumannya itu yang membuatku kagum padanya.

Segera kuambil uang yang udah kusiapkan di kantong baju tadi (gak perlu sebutin nominalnya) dan kuberi ke dia dan aku diberi satu koran.Dan dia bilang, “mas nggak ada kembaliannya nih” katanya kebingungan.Dan sambil senyum juga (pengin bales senyum dia) aku bilang, “kembaliannya ambil aja dek”.Wah….dia langsung senyum bahagia banget melebihi senyum waktu aku bertemu pertama tadi.”Terima kasih ya mas” seneng banget aku lihat senyumnya dia dan kujawab “iya sama-sama dek” kubalas senyum juga.

Tak terasa lampu sudah hampir hijau, segera kunyalakan motorku dan terakhir sebelum aku jalan dia bilang, “terima kasih mas” duh senengnya lihat dia senyum gitu.Kesimpulan yang kupetik hari ini adalah aku bener-bener merasa kurang bersyukur dengan keadaan ku selama ini.Dia yang sehari-hari “tempat bermainnya” di lampu merah masih bisa tersenyum gitu.Subhanallh, aku belajar banyak dari “bidadari kecil” itu.🙂🙂🙂

Leave a Reply

