Upload File dan Database Joomla! Ke Hosting


Ketika website Joomla! sudah jadi di komputer lokal, gimana ya caranya upload file-filenya ke hosting kita?Masalah ini dulu sempat membuat saya bingung dan setelah “berpetualang” di mbah google,ketemu solusinya.Berikut ini terdapat langkah-langkah upload file Joomla! beserta databasenya ke hosting.Check it out!

A.. Sebelum upload :

  1. Sebelum upload, direkomendasikan kompres dulu semua file Joomla! Anda dalam bentuk extensions .zip
  2. Download database di localhost di phpMyAdmin (localhost/phpmyadmin).Pilih dan klik pada database Joomla! yang mau didownload, lalu klik Export.Lalu klik tombol Go pada kanan bawah browser, maka file akan tersimpan di komputer.

B. Upload File :

  1. Upload file zip tersebut  menggunakan software upload file seperti CuteFTP ataupun FileZilla.Karena proses dalam meng-upload membutuhkan waktu yang agak lama (tergantung provider) tinggalkan dulu lanjutkan step berikutnya.

C. Membuat database melalui phpMyAdmin di cPanel :

  1. Login terlebih dahulu di cPanel website Anda.
  2. Cari lalu klik gambar yang bertuliskan MySQL Databases pada kolom Database.
  3. Pada New Database, ketikkan nama database yang diinginkan.Klik Create Database.
  4. Di kolom MySQL Users, Add New User ketikkan username untuk database Anda (nama database dan username database tidak boleh sama).Lalu ketikkan juga passwordnya, terakhir klik Create User.
  5. Pada kolom Add User To Database, pada dropdown User dan Database pilih sesuai dengan step ke 3 dan 4.Lalu klik Add.Klik pada kotak centang ALL PRIVILEGES dan terakhir klik Make Changes.Maka database Anda telah terbuat, tunggu dulu.Database yang di lokal tadi belum diupload maka masih belum selesai.

D. Import database melalui phpMyAdmin di cPanel :

  1. Setelah langkah C selesai, klik Home disebelah kiri atas pada cPanel (bukan tombol Home browser).
  2. Cari dan klik pada gambar bertuliskan phpMyAdmin pada kolom Database.Maka akan muncul tab baru.
  3. Di kolom sebelah kiri akan muncul nama database yang telah Anda buat tadi, klik pada nama database tersebut.
  4. Klik gambar Import pada kolom sebelah kanan.Klik gambar Browse dan cari database lokal yang telah didownload pada langkah A2.
  5. Tekan Go untuk upload ke phpMyAdmin dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  6. Jika sukses maka kolom sebelah kiri akan muncul barisan teks dan muncul tulisan Import has been successfully finished, xxx queries executed.

E. Unzip File Upload :

  1. Setelah database selesai dibuat, sekarang bagaimana dengan file zip yang telah diupload tadi?Jika sudah selesai masuk di cPanel klik gambar Home.(jika masih belum selesai upload, tunggu dulu sampai selesai 100%)
  2. Cari pada kolom Files lalu klik File Manager.Klik Go.
  3. Klik pada file zip tersebut, lalu pada menu atas cPanel terdapat gambar bertuliskan Extract.Klik pada gambar tersebut untuk meng-ekstrak file zip tadi dan tunggu prosesnya.Klik OK jika selesai.

F. Ubah settingan configuration.php :

  1. Setelah file di-extract, maka file-file Joomla! akan tampil.Klik kanan pada file configuration.php klik Code Edit.Jika muncul kotak dialog, klik Edit.Akan muncul tab baru.
  2. Ubah pada bagian-bagian ini :Kode :
    var $log_path     = ‘/home/[ UserCpanel ]/public_html/logs’;
    var $tmp_path   = ‘/home/[ UserCpanel ]/public_html/tmp’;
    var $live_site     = ‘http://domain.com’;
    var $host           = ‘localhost’;
    var $user           = ‘[ UserCpanel ]_ UserDatabase’;
    var $db              = ‘[ UserCpanel ]_ NamaDatabase’;
    var $password   = ‘PasswordDatabase’;
  3. Setelah selesai mengganti konfigurasi, tekan tombol Save Changes. Silahkan test web Anda, jika masih ada kata-kata yang membingungkan silahkan beri komentar dibawah.

Catatan :

  • Nama database dan username akan diberi prefiks “[ UserCpanel]_” dimana UserCpanel ini diambil dari username login cPanel.
  • Jangan lupa password user MySQL case-senditive.( user dan password mySQL lihat step C )
  • Setting var $host harus selalu ‘localhost’

Sumber : rumahweb

53 thoughts on “Upload File dan Database Joomla! Ke Hosting

  1. nice tutorial…
    ada yg mau sya tnyakan bang… berarti kalo kiya set
    var $db = ‘[ UserCpanel ]_ NamaDatabase’; (nama DB jadi ketmabahan prefix kan ???)
    apakh di databse yang telah kita export tadi (db.sql) perlu diganti/edit jga nama databasenya..disamakn dengan nama databse yang ketambahan prefix itu. ..ato bgmn ???
    mhon pncerahan…saya ga bsa konek terus

  2. jawaban :
    1. nama DB tidak perlu menambahkan prefix, cuma ngerubah seperti yang saya tulis diatas
    2. tidak perlu edit nama database,tinggal upload aja

  3. mas sya mau tanya bagaimana caranya supaya kita bisa membuat tempat untuk mendownload file punya kita di joomla 1.7 mohon bantuannya ya,kalo bisa kirim di email saya,tapi d bales disini juga gpp kok …..

      • gni mas kan aku puya file pdf, ga mungkin kan kalo aku msukin semua ke artikel joomla th. . jadi aku butuh cara untuk membuat tempat download tuh agar bisa di masukin/di upload di joomla. . .
        jadi bukan file websitenya. . tapicara buat file pdf th bsa di download gt. .

  4. assalamu’alaikum..
    kak Syaiful udah coba Joomla 2.5 belum ?
    Saya sudah coba, dan begitu saya upload ke server (saya pakai subdomain.com), ternyata databasenya ada yg rusak. tiga kali percobaan, begitu terus hasilnya.

    apa kak syaiful sudah mencobanya ? trims

    • wa’alaikumsalam
      untuk 2.5 di hosting saya belum pernah coba mbak
      rusaknya itu kenapa ya mbak? atau ada kesalahan di configuration.php

      mohon penjelasan lebih detai

  5. maaf klo untuk ‘http://domain.com’; itu diganti dengan domain nya punya kita ya mas atau default itu? trims atas jawabanya

  6. Assalamu’alaikum Pak,
    setelah saya upload file joomla dan database dan berhasil.
    website sudah bisa tampil, namun ada kendala saat saya mau edit artikel (artikel bisa di edit) namun saat mau di save tidak ada respon,
    mohon bantuan nya

    terima kasih sebelumnya

    • Wa’alaikumsalam.
      Itu ada kemungkinan waktu upload bisa jadi kurang lengkap.Saya kalau tidak salah pernah mengalami hal ini dan saya coba tanya di forumnya joomla.Coba masnya googling dan coba cari di forumnya joomla.

    • itu berarti, di hostingan kita, belum ada ekstension ‘mysqli’ di file php.ini nya..
      cek hostingan kita, apakah PHP setting nya support mysqli, kalaupun support, biasanya tetap perlu ditambahkan kstensionnya.
      kemaren saya juga gitu soalnya, pake spanel.

      • wah terima kasih banget mbak atas bantuan menjawab pertanyaan
        ini untuk install joomla 2.5 sepertinya
        di confignya ubah aja mysqli jadi mysql aja
        CMIIW

  7. saya punya masalah persis seperti masalah di atas, dan saya sudah coba ikuti langkah 2 yang diberikan langsung saya edit dari cpanel, tapi belum berhasil alias sama aja, apa ada yang perlu saya tambahkan ? Oh iya bagaimana kalau kita lupa pasword databasenya? apa ada pengaruh pada pernyataan var$password=’Pasworddatabase’; mohon penjelasannya mas…. saya tunggu ya

    • maaf mas baru bisa balas
      langkah 2 ini membahas upload file di ftp, apanya yang diedit?
      dan untuk password kalau lupa passwordnya mending dibuat baru seperti cara saya diatas
      dan var$password=’Pasworddatabase’ jika salah password tentu saja tidak bisa terkoneksi dengan databasenya🙂

      Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

    • password yg dimaksud password user DBMS nya (misal : password PHPMyAdmin) bukan pak ? setahu saya database ndak pakai password, yg dipakaikan password ya usernya

      kalau password yg dimasukkan benar, ya ga masalah. tapi kalau salah, sedangkan kita lupa passwordnya. ya repot😀
      tapi saya belum tahu solusinya untuk itu.mudah2na kita bisa sama2 cari tahu

      • iya betul mbak, yang pakai password itu usernya bukan databasenya😀
        baru ingat saya

        nah ini yang saya belum nemu solusi dari dulu
        kalau lupa password user bisa fatal tuh akibatnya

  8. mas, saya sudah coba mengikuti langkah2 yg mas tulis tapi kenapa saya maih gak bisa akses ya keterangannya masih Database connection error (2): Could not connect to MySQL. tolong petunjuknya mas. domain saya merapote.com

    • maaf mas sebelumnya kalau postingan saya membingungkan
      saya lihat website mas sudah online ya?
      berarti sudah betul untuk settingan configuration.php nya

    • kalo itu berarti ada yg salah pada koneksi databasenya.
      coba cek ‘configuration.php’ nya, settingan nama database yg digunakan, username dan password database.

      kalo misalnya gagal, coba database tersebut dihapus dan diganti yg baru , tapi jangan lupa2 tabel2 di database lama diimport ke file SQL

  9. psing keluar perintah gini trus gan, : “Warning: require_once(/home/a6167999/public_html/joomla/libraries/joomla/utilities/compat/compat.php) [function.require-once]: failed to open stream: No such file or directory in /home/a6167999/public_html/joomla/includes/framework.php on line 66”
    permasalhan’y apa gan,,,,

    • Coba di upload ulang untuk file framework.php, ada kemungkinan itu terhapus atau waktu upload file corrupt.

      Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

  10. mas mo nanya tapi saya masih bingung di bagian F2 tentang
    var $host = ‘localhost’;
    di bagian itu apa masih tetap di tulis ‘localhost’ ato diganti dengan name server hostingan kita.
    coz saya sudah coba beberapa kali tpi masih mengalami error.
    tolong penjelasannya Mas makasih…

  11. nah, dibagian D no 6, import saya selalu error .. saya bingung cara ngtasinnya .. tolong donk …
    nih pesan yang muncul …:/

    Error

    SQL query:

    # phpMyAdmin MySQL-Dump
    # version 2.2.3
    # http://phpwizard.net/phpMyAdmin/
    # http://phpmyadmin.sourceforge.net/ (download page)
    #
    # Host: localhost
    # Generation Time: Dec 17, 2008 at 02:10 PM
    # Server version: 3.23.47
    # PHP Version: 4.1.1
    # Database : `datasms`
    # ——————————————————–
    #
    # Table structure for table `admin`
    #
    CREATE TABLE admin(
    id int( 11 ) NOT NULL AUTO_INCREMENT ,
    user varchar( 20 ) NOT NULL default ”,
    pass varchar( 18 ) NOT NULL default ”,
    nama varchar( 50 ) default NULL ,
    alamat varchar( 100 ) default NULL ,
    telepon varchar( 20 ) default NULL ,
    bank varchar( 50 ) default NULL ,
    norekening varchar( 20 ) default NULL ,
    PRIMARY KEY ( id )
    ) TYPE = MYISAM ;

    MySQL said: Documentation
    #1064 – You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near ‘TYPE=MyISAM’ at line 27

    mohon bantuannya :(((

  12. mas my sql saya kok tetep error ya, pdalah sdah saya ganti sesuai dengan petunjuk diatas, kira2 a[anya ya,, terima kasih seperti ini :
    Database Error: Unable to connect to the database:Could not connect to MySQL

    • Coba dicek pada arah folder /tmp sama /path pastikan tulisannya seperti ini.Atau mungkin kekeliruan mengisi user database sama nama database.

  13. muncul Database connection error (1): The MySQL adapter ‘mysqli’ is not available. gmana solusinya

    • Ini sepertinya waktu pertama kali install di online ya mas?Kalau bener seperti itu, berarti servernya tidak support untuk mysqli.Saran saya, waktu install pilih yang mysql.

Leave a Reply

