Sejarah Logo Google


Siapa tidak kenal Search Engine satu ini, terbesar di jagad maya.

dengan logo yang sangat sederhana namun terlihat amat menarik, Google menguasai dunia maya. menarik sekali mengetahui proses desain logo Google.

beginilah logo awal Google waktu pertama di desain.

Design logo Google ini merupakan pernyataan bahwa Google senang membuat segala sesuatunya sederhana dan mudah. Setiap orang hampir sudah pasti mengenal logo Google yang sederhana, minimalis, dinamis dan modern. Tetapi sangat sedikit yang mengenal siapa yang mendesign logo tersebut dan bagaimana proses kreatif yang terjadi dibalik design logo search engine nomor satu dijagad maya.

Kebanyakan orang menyangka bahwa para pendiri Google sendirilah yang mendesign logo perusahaannya, dugaan mendesign logo sendiri ini sudah barang tentu salah. Sergei Brin adalah seorang ahli matematika yang sejak awal tertarik pada data mining sedangkan Larry Page adalah rekan sesama mahasiswa S3 yang ahli komputer.

Pada awal pertemuan mereka selalu terlibat dalam permusuhan sengit (menurut rekan-rekan mereka) dalam perumusan data mining melalui hubungan link antar halaman web, mereka berdua selalu melihat ketidaksempurnaan dalam perumusan yang dibuat oleh rekan mereka, sampai suatu ketika mereka berdua memutuskan memindahkan penelitian kesebuah garasi pinjaman dari seorang saudara Sergei Brin dan akhirnya menjadi search engine nomor satu.

Logo google ini dibuat pada saat-saat akhir sebelum peluncuran oleh sahabat mereka, asisten profesor seni pada Standford University, Ruth Kedar. Para pendiri Google ini terkenal senang merekrut atau memakai keluarga dan sahabat-sahabat mereka untuk urusan bisnis.

Proses design logo ini dimulai dengan sebuah visi yang sederhana dari para pendirinya yaitu bahwa mereka ingin membuat sebuah logo yang menyenangkan tanpa adanya sebuah item, barang, benda apapun yang dapat dikenali atau diidentifikasi yang pada akhirnya akan membatasi Google itu sendiri. Pada awalnya mereka juga tidak memiliki visi mengenai kemana perusahaan mereka akan dibawa bahkan mereka memasukkan tagline “Google does not do horoscopes, financial advice or chat”, yang pada akhirnya tidak pernah muncul sama sekali.

Design logo tahap 1

Sejak awal terlihat jelas keinginan dari para pendiri Google ini bahwa yang mereka inginkan adalah logotype bukan logo.Pada design awal ini Kedar ingin menghadirkan mayoritas text utuh dan untuk menambah keceriaan dengan tambah warna utama pada kedua huruf O. Para pendiri Google sangat menyukai ide ini karena mirip dengan borgol jari china.

Design logo tahap 2

Pada tahap ini, proses design lebih difokuskan pada membuat sesuatu yang lebih besar dalam artian ruang dan pattern daripada hanya memainkan huruf O. Untuk menambah kesana multi dimensi maka ditambahkan banyak huruf O pada sebuah huruf O. Tanda plus ditambahkan untuk menyatakan ketepatan. Design logo ini dibuat setelah mendapat masukan tambahan dari para pendiri Google yang mengiginkan pernyataan bahwa Google hanya merupakan search engine yang paling akurat dengan algoritma yang sangat kompleks tetapi tetap mudah digunakan. Ide design ini akhirnya dipakai pada halaman bawah hasil pencarian dimana logo Google memiliki banyak huruf O yang sesuai dengan banyaknya hasil pencarian.

Design logo tahap 3

Eksplorasi design ini untuk membuat logo ini kelihatan lebih funky dengan dua huruf O yang saling terkait menandakan bahwa search engine ini mencari segala hal dari negara dan budaya yang berbeda.

Design logo tahap 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s