Potensi Besar WordPress


Sebelumnya saya mau minta maap sama mas Rismaka.net soalnya tulisannya ane copas…Nih ane mulai aja …

Banyak pengguna blog gratis WordPress.Com yang kurang menyadari bahwa blog mereka sebenarnya mempunyai potensi yang sangat besar. Kebanyakan pengguna blog wordpress.com menganggap bahwa blog mereka kalah pamor dibandingkan dengan blog-blog lain yang dihosting sendiri. Mereka bisa jadi kurang menyadari potensinya, atau mungkin juga termakan “hasutan” para master (pendahulunya) yang mengatakan bahwa blog yang dihosting sendiri jauh lebih unggul dibandingkan dengan blog gratis wordpress.com.

Saya katakan, anda salah jika berpikir demikian. Karena sebenarnya potensi yang dimiliki oleh blog WordPress.Com amatlah besar. Bahkan bisa jadi lebih besar daripada blog yang dihosting sendiri jika sang blogger benar-benar mengoptimasinya.

Bicara tentang kelemahan, memang benar bahwa pengguna wordpress.com tidaklah sebebas blog-blog lain yang dihosting sendiri, karena pengguna terikat peraturan dari pihak WordPress terkait larangan-larangan menjadikan blog sebagai lahan bisnis online maupun kontes SEO. Namun hal tersebut tidaklah mengurangi potensinya sebagai platform blog yang luar biasa hebatnya.

Berikut ini, kita akan bersama-sama melihat beberapa potensi blog WordPress.Com yang tidak banyak diketahui oleh para blogger.

Layanan yang Memuaskan dari Pihak WordPress.Com

  1. Server yang handal. Berbeda halnya dengan WordPress yang dihosting sendiri yang kerap kali terjadi down, server wordpress telah terbukti tangguh dengan uptime yang lebih dari 99%. Pengguna wordpress.com tidak perlu dirisaukan dengan proses maintenance server, karena pihak wordpress.com mempunyai banyak server cadangan yang siap membackup jika ada gangguan.
  2. Kapasitas Penyimpanan yang Besar. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar (3 GB), maka anda tidak perlu dipusingkan dengan proses upload gambar maupun berbagai dokumen ke pihak ketiga semacam imagehosting maupun datahosting. Kapasitas sebesar itu dirasa cukup untuk menyimpan data anda sebanyak mungkin.
  3. Bandwidth yang Tidak Terbatas. Pengguna blog gratis wordpress.com nampaknya benar-benar dimanjakan. Di saat saya pribadi sangat memperhitungkan besarnya bandwidth yang terkonsumsi karena banyaknya traffik pengunjung, pihak wordpress.com menyediakan bandwidth yang tidak terbatas bagi penggunanya. Ini benar-benar patut disyukuri, karena bandwidth, dan juga storage merupakan sesuatu yang mahal di jasa layanan hosting.
  4. Aman Dari Serangan Cracker. Pengguna wordpress.com tidak perlu dipusingkan dengan proses upgrade/instalasi wordpress versi terbaru, karena dengan sendirinya pihak wordpress.com akan mengupgrade setiap engine wordpress penggunanya. Dengan versi wordpress yang terbaru, pengguna wordpress.com tidak perlu mengkhawatirkan serangan-serangan dari cracker yang berusaha merusak blog anda.
  5. Fitur Menarik yang Bertambah Setiap Waktu. Fitur-fitur menarik seperti halnya posting lewat email, menjawab komentar melalui email, membuat daftar isi secara otomatis, dan lain-lain telah tersedia untuk menambah kenyamanan dalam melakukan aktifitas blogging. WordPress.Com akan selalu menambahkan berbagai fitur menarik lainnya setiap waktu.

Search Engine Optimized

search-engine-optimization-seo-serviceSemua engine WordPress, baik yang dihosting sendiri maupun yang gratis sudah diakui keunggulannya di atas software-software lain dalam bidang SEO. Dan salah satu keunggulan blog gratis WordPress.Com adalah bahwa ia berpenampilan sederhana. Kesederhanaan inilah yang menyebabkan blog wordpress.com dapat lebih cepat terakses dibanding situs-situs lainnya.

Bicara mengenai perbandingan dengan WordPress yang dihosting sendiri, blog gratis wordpress.com pun tidak kalah. Jika ada yang mengklaim bahwa WordPress self hosted lebih unggul karena mampu disisipkan meta tag “keyword”, maka saya katakan hal tersebut tidaklah berpengaruh sama sekali. Karena Google telah mengabaikan meta tag keyword dalam menentukan peringkat di SERP (halaman pencarian)

Google memperhitungkan meta tag title dan description, namun mengabaikan meta tag keyword. Oleh karena itu jika ingin mengoptimasi blog wordpress.com dari segi search engine (SEO), maka buatlah judul yang bagus, singkat, namun mengandung kata kunci utama dari konten. Sedangkan untuk description, anda memang tidak bisa menyisipkannya dalam bentuk meta tag, namun description bisa anda buat dengan menulis deskripsi singkat di awal paragraf, dan berilah penekanan di beberapa kata, baik itu penebalan (bold), miring (italic), maupun garis bawah (underscore) agar search engine tahu bahwa kata-kata itu merupakan keyword yang penting.

Adanya Komunitas Sesama Pengguna WordPress.Com

wp-community

Potensi inilah yang mungkin membedakan WordPress.Com dengan WordPress yang dihosting sendiri, sekaligus juga sebagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh blog-blog selainnya.

Setiap pengguna blog gratis wordpress.com akan disertakan ke dalam komunitas ini. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain:

  1. Mendapatkan traffik pengunjung dari blogger lain sesama pengguna wordpress.com. Jika suatu blog atau judul artikel berhasil menduduki peringkat BOTD (blogs of the day), maka kemungkinan mendapat traffik berlimpah pun semakin besar.
  2. Mendapatkan backlink melimpah, karena setiap tag yang kita masukkan di setiap artikel, akan diikutsertakan di global tags yang ada di situs wordpress.com. Artinya, link blog anda pun akan mendapatkan backlink dari wordpress.com. [Bedakan antara backlink dofollow dan backlink nofollow. Keduanya sama-sama diperhitungkan oleh search engine sebagai backlink]
  3. Mudahnya mendapatkan pagerank. Dengan seringnya suatu blog muncul di halaman BOTD (blogs of the day), maka backlink dofollow pun dapat dimiliki, serta dengan sendirinya pagerank akan mengalir ke blog tersebut. Lihatlah halaman BOTD WordPress yang ber-pagerank 6 (saat tulisan ini dibuat). Jika blog anda sering menduduki halaman BOTD selama beberapa bulan saja, maka dipastikan PR blog anda akan meningkat menjadi 3, 4 atau bahkan 5.

Monetasi? No Problem

monetize 1

Sering orang menganggap bahwa proses monetasi (menjadikan blog sebagai ladang penghasilan) blog hanya didapat dari bisnis-bisnis memasang iklan PPC, afiliasi, paid review, dan lain-lain. Apakah blog gratis wordpress.com bisa dimonetasi dengan cara-cara seperti di atas? Inilah faktanya

  1. Pihak WordPress.Com memang tidak mengizinkan penggunanya memasang javascript, sehingga mereka pun tidak dapat memasang PPC seperti google adsense, kliksaya, adsensecamp, dan lain-lain yang menggunakan javascript.
  2. WordPress.Com tidak memperbolehkan penggunanya memasang link atau banner affiliasi. Pelanggaran terhadap masalah ini dapat mengakibatkan blog anda disuspend oleh WordPress.Com.
  3. WordPress.Com tidak memperbolehkan penggunanya mengikuti bisnis paid review (dibayar tiap kali menulis review suatu produk/situs). Pelanggaran terhadap masalah ini pun dapat mengakibatkan blog anda disuspend.
  4. WordPress.Com pun juga tidak memperkenankan penggunanya untuk mengikuti ajang kontes SEO. Ancamannya sama, yakni disuspend.

Lantas jenis monetasi apakah yang dapat dilakukan? Mengingat ketatnya peraturan yang dibuat oleh pihak WordPress.Com, maka cukup satu yang perlu diketahui, bahwasanya buatlah konten blog yang natural, bermutu, dan tidak memasang link-link atau banner-banner afiliasi. Dengan begitu kita dapat memonetasi blog gratis wordpress.com dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Jika blog anda mempunyai traffik pengunjung yang melimpah, atau bahkan sangat melimpah, anda dapat menerima pemasangan iklan dalam bentuk banner. Namun perlu diperhatikan, bahwa link atau gambar dari banner-banner tersebut adalah sebuah situs/blog biasa, dan bukan merupakan situs afiliasi atau situs penjualan. Jika banner tersebut terpasang secara natural, maka pihak wordpress.com pun hanya akan menganggapnya sebagai banner biasa.
  2. Jika blog anda mempunyai pagerank yang tinggi, anda pun mempunyai kesempatan untuk mengalirkan pagerank tersebut ke blog-blog anda yang dihosting sendiri. Dengan mengalirnya pagerank, maka blog anda yang lain pun siap untuk dimonetasi. [Mengalirkan pagerank = memberikan backlink dofollow ke blog lain]
  3. Berjualan Link? Sebenarnya tidak masalah, namun ini adalah hal yang kurang bahkan tidak etis dilakukan. Dan saya akan sangat menyesalkan jika ada blogger yang mempraktikan cara ini setelah membaca artikel yang saya tulis ini.

Selesai –o0o– Selesai

Support dari Rismaka.Net

Banyak pengguna wordpress.com yang merasa “kalah bersaing” dengan blog-blog lain yang dihosting sendiri. Alasannya pun ada saja mulai dari tidak bisanya dipasang javascript, flash, ataupun widget-widget lain. Saya katakan, tiap blog mempunyai ciri unik masing-masing. Apa gunanya javascript jika hal tersebut malah menghambat performa blog? Apa gunanya flash jika hal tersebut digunakan hanya sebagai hiasan saja? Dan apa gunanya widget-widget lain jika hal tersebut hanya menjadikannya sebagai sampah yang cukup mengganggu pengunjung?

Oleh karena itu pengguna blog gratis wordpress.com janganlah merasa “rendah diri” atau kalah bersaing dengan blog-blog lain yang dihosting sendiri. Percayalah, bahwa kebanyakan dari mereka pun tidak lebih baik dari anda.

Alasan monetasi? Berapa banyak blogger yang terjun dengan blog yang dihosting sendiri, namun tetap miskin seperti saya? Dan berapa banyak pula pengguna wordpress gratis yang telah melejit namanya dan berharga jual tinggi?

Jika anda mengamati perkembangan tulisan-tulisan yang ada di blog ini, mungkin anda akan menemukan kontradiktif antara artikel ini dengan tulisan saya dahulu yang berjudul Sepuluh Alasan Untuk Pindah ke WordPress Self Hosting. Di situ saya turut serta menghasut orang lain agar segera meninggalkan blog gratisannya. Namun belakangan saya baru menyadari bahwa di balik tampilannya yang sederhana, dan terkesan sebagai “tim gurem“, ternyata blog wordpress.com memiliki potensi yang sangat besar yang jarang disadari oleh penggunanya.

Jadi intinya adalah janganlah anda mudah terhasut untuk segera meninggalkan blog gratisan anda dan beralih ke blog hosting sendiri. Jika potensi anda di sana, maka kembangkanlah. Dan jika ingin mengembangkan keduanya, itu lebih baik. Dan saya? Rismaka adalah sebuah brand yang menguasai keduanya, jadi tidak mungkin saya hanya memiliki salah satunya. :)

Semoga penjelasan ini bermanfaat. Happy blogging.

2 thoughts on “Potensi Besar WordPress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s