Asal-usul Joomla!



Lahirnya Joomla pada tahun 2005 dengan versi awalnya yaitu versi 1.0, berkaitan dengan Mambo sebagai CMS yang lahir lebih awal pada bulan April 2001. Mambo dibuat oleh Miro Corporation Australia. Pada masa-masa itu, Mambo dikenal sebagai aplikasi CMS terpopular yang tersedia gratis dengan source code, luar biasa dan ampuh. Namun, karena perbedaan prinsip di antara para staff Mambo, maka tahun 2002, produk Mambo terpecah menjadi produk komersil dan versi open-source. Pengembang Mambo komersil bernama Mambo CMS, sedangkan pengembang versi open-source bernama MOS (Mambo Open- Source). Letak perbedaan dari keduanya adalah sistem keamanan, gratis atau tidak, dan ditujukan kepada kalangan siapa.

Akhirnya pada tanggal 1 September 2005, beberapa staff pengembang MOS benar-benar memutuskan meninggalkan proyek Mambo dan membuat CMS baru yaitu Joomla 1.0, yang free, open-source dan bersifat komunitas. Tanggal 17 September 2005, Produk Joomla versi 1.0 dipublikasikan. Jika sebelumnya Anda telah menggunakan Mambo, maka untuk mempelajari Joomla 1.0 tentu sangat mudah, karena struktur sistem dan tampilan Joomla versi ini masih sama dengan Mambo, bahkan dukungan komponen dan modul pada Mambo dapat Anda gunakan pada Joomla versi tersebut.

Dalam waktu singkat sejak Joomla lahir, penggunaan dan pengembangan CMS kian marak. Dalam tahun pertama, Joomla didownload lebih dari 2,5 juta kali, terdapat lebih dari 65.000 pengembang Joomla yang resmi, serta terbukti tidak terhitung bahwa banyak website dikembangkan dari Joomla. Dewasa ini, CMS Joomla telah diadopsi beberapa webmaster dari Brasil ke Belanda, dari AS ke Italia dan dari Australia ke Cina. Joomla 1.0 telah dikatakan stabil pada versi terakhirnya 1.0.15.

Joomla telah memenangkan penghargaan-penghargaan misalnya Bulan Oktober 2005, Joomla memenangkan 2 penghargaan dari Linux World London sebagai Yang terbaik dari proyek Linux Open Source. Joomla pun menjadi salah satu dari 50 proyek open-source yang terbaik skala dunia.

Mulai dari versi 1.5 Betanya di bulan Oktober 2006 sampai akhir tahun 2008, Joomla terus disempurnakan oleh berbagai webmaster dari belahan dunia, misalnya saja sampai bulan Januari 2009, versi Joomla 1.5 telah sampai pada versi 1.5.9 dengan perbaikan bug-bug yang dilaporkan. Pada versi 1.5, sistem pemrograman dan layout sudah jauh berbeda dengan versi Joomla pendahulunya, Joomla 1.0. Namun, bukan berarti Joomla versi Stabil 1.0.15 ditinggalkan oleh para user setianya karena terbukti masih banyak pengembang komersil maupun non-komersil yang terus membuat komponen dan modul agar bisa dipakai baik oleh Joomla 1.5 maupun Joomla 1.0.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s